header-int

LPPM STMIK ROSMA SELENGGARAKAN LATIHAN LAPORAN KEUANGAN BAGI UMKM DI KARAWANG

Selasa, 09 Jul 2019, 11:14:56 WIB - 34 View
LPPM STMIK ROSMA SELENGGARAKAN LATIHAN LAPORAN KEUANGAN BAGI UMKM DI KARAWANG

(03/7/2019)- LPPM STMIK Rosma selenggarakan Pelatihan Laporan Keuangan UKM Sederhana bagi Para Pelaku UKM di Karawang pada hari Rabu tanggal 03 Juli 2019 yang bertempat di Ruang A101 Kampus STMIK Rosma yang di ikuti sebanyak 20 pelaku UKM di Karawang. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Karawang. Hal itupun sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah pada pasal 3 menyatakan bahwa “Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan”. 
Saat ini di Karawang banyak para pelaku UKM yang berproduksi/berjalan namun tidak pernah mengandalkan sebuah informasi laporan keuangan untuk mengetahui kondisi usahanya. Saat ini UKM berjalan normal tanpa dukungan informasi laporan keuangan yang memadai, mereka berhasil tanpa laporan keuangan yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan pada sebuah intuisi dan kebiasaan yang berasal dari pengalaman sebelumnya. 
Kepala LPPM STMIK Rosma Donny Apdian, S.IP., MM mengutarakan bahwa kemampuan, keahlian dan pengetahuan terbatas para usaha kecil terhadap laporan keuangan masih sangat kurang. Meskipun banyak dari para pelaku UKM pernah menempuh pendidikan formal, akan tetapi tidak semua memiliki latar belakang ekonomi, akuntansi/manajemen keuangan. Karenanya, didalam pengelolaan usahan kerapkali mengalami kendala. Hal ini bisa terlihat pada pengelolaan laporan keuangan dan akuntansi yang dilakukan masih terbatas dengan skala kecil. Sering tumbangnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), saat ini ialah kurang baiknya pengelolaan laporan keuangan. Hal ini sering menjadi kambing hitam tutupnya suatu bidang usaha apalagi yang baru dirintis. 
Yeny Rostiani, SE., MM sebagai narasumber pada kegiatan pelatihan tersebut memaparkan bahwa saat ini pun para pelaku UKM masih jauh dari menggunakan penyusunan laporan keuangan bahkan masih dianggap mewah dan belum sebanding dengan kegunaannya. Sehingga para pelaku UKM tidak mengetahui secara persis berapa pendapatan (kas) yang seharusnya diterima, berapa biaya operasi yang seharusnya dikeluarkan dan berapa yang seharusnya masih tersisa. Walaupun ada hanya pada perencanaan kegiatan saja, namun tidak tersusun secara baik sehingga mengalami kesulitan bagaimana cara mengalokasikan dana (kas) yang ada sekarang. 
Antusiasme terlihat pada saat Pelatihan Laporan Keuangan UKM Sederhana bagi Para Pelaku UKM di Karawang tersebut, hal ini dengan banyaknya para peserta yang bertanya (interaktif) tentang kebutuhan akan pembuatan laporan keuangan terutama laba dan rugi dari usahanya, ujar Donny. 
Pada saat pelatihan akhirnya disadari oleh para peserta bahwa terdapat beberapa masalah pengelolaan keuangan umum antara lain adalah masih tercampurnya keuangan pribadi pemilik dengan keuangan usaha, penentuan harga produk sering dilakukan secara sederhana dan intuitif, tanpa menghitung biaya yang telah dikeluarkan secara cermat. Buruknya metode pencatatan transaksi yang dilakukan serta kurangnya pengetahuan mengenai pencatatan keuangan dan pengelolaan keuangan (akuntansi), ujar Yeny. 
Karenanya dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan ini untuk menjembatani dan memberikan pelatihan terpusat bagi para pelaku UKM di Karawang tentang laporan keuangan sederhana. Theresia Andini selaku pendamping UMKM Juara memiliki harapan pada para peserta pelatihan khususnya dalam mendapatkan informasi akan kegunaan dari laporan keuangan secara sederhana bagi para pelaku UKM, diharapkan juga para peserta/pelaku UKM dapat memanfaatkan laporan keuangan sehingga dapat diketahui keuntungan atau kerugiannya, serta para peserta pelatihan/pelaku UKM dapat termotivasi untuk lebih memanfaatkan penggunaan laporan keuangan untuk meningkatkan produktivitasnya.

Copyright © 2013 - 2019 STMIK Rosma Follow Us : Facebook Instagram