header-int

LPPM STMIK Rosma Serah Terima Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) un

Rabu, 07 Agu 2019, 11:30:12 WIB - 40 View
LPPM STMIK Rosma Serah Terima Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) un

(29/07/2019)-LPPM STMIK Rosma Serah Terima Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) untuk Desa Kamojing pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019 yang bertempat di Ruang Aula Desa Kamojing Kecamatan Cikampek. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Diseminasi hasil riset mahasiswa dan dosen serta bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya pada pengembangan sistem informasi bagi pemerintahan desa.

Saat ini penerapan teknologi dalam pemerintahan, baru diterapkan ditingkat pemerintah daerah dan dikota-kota besar saja, contohnya tentang sistem kependudukan, sistem kependudukan yang ada saat ini hanya berjalan ditingkat pusat, provinsi, kota, dan tingkat kecamatan, desa atau kelurahan belum merasa diperbantukan dengan adanya sistem kependudukan, padahal desa adalah bagian dari pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Melalui mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) dibantu oleh dosen pembimbing, maka pada bulan Februari s.d. Maret 2019 melakukan observasi, pengumpulan, merancang dan membuat sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh desa Kamojing kecamatan Cikampek.

Desa Kamojing sebelumnya telah menggunakan sebuah sistem informasi yang dibantukan dari pemerintah pusat yaitu Sistem Informasi Manajemen Desa selanjutnya disebut SIMADE, akan tetapi SIMADE tersebut sudah tidak dapat bekerja secara optimal karena mengharuskan mengambil data dari SIAK Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau DUKCAPIL sedangkan saat ini DUKCAPIL tidak bisa mengeluarkan data yang dibutuhkan sehingga SIMADE ini tidak dapat berjalan. Sementara ini untuk menunjang berbagai pekerjaan dalam pengelolaan data masyarakat, desa Kamojing memanfaatkan sistem manual yaitu buku register untuk pencatatan dan semi manual dengan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel untuk pendataan kependudukan.

Dudi Awalludin, M.Kom selaku Wakil Ketua 1 Bidang Akademik menyampaikan dalam sambutannya, bahwa mahasiswa dan dosen harus dapat melakukan penelitian/riset yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat maupun pemerintahan. Wujud nyata yang saat ini telah dibuat oleh mahasiswa dan dosen ini dapat menjadi sebuah nilai positif bagi kedua belah pihak, baik pemerintah desa Kamojing maupun STMIK Rosma.

Pemerintah kabupaten Karawang saat ini sedang mengarah pada sebuah konsep Smart City. Donny Apdian, S.IP., MM selaku Kepala LPPM STMIK Rosma mengutarakan dalam laporan kegiatan ini bahwa peran perguruan tinggi saat dibutuhkan oleh pemerintah daerah khususnya dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan adanya diseminasi hasil riset mahasiswa dan dosen ini dapat menjadikan salah satu terobosan bagi pemerintah desa khususnya sebagai salah satu desa yang bisa dijadikan sebagai Smart Village dengan penggunaan dari Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe), yang tadinya pelayanan secara manual bisa dilakukan secara digitalisasi.

Paparan workshop hasil riset Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) disampaikan langsung oleh Darmansyah, M.Kom dan Jaka Abdul Haris. Saat paparan  dihadiri oleh para ketua rukun warga dan para ketua rukun tetangga serta aparatur desa, sehingga mengetahui akan fungsi ataupun kegunaan dari aplikasi tersebut.

Heriyadi selaku Sekretaris desa Kamojing, mengutarakan bahwa Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) ini sangat membantu kelancaran untuk aktivitas pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan, mulai dari surat menyurat ataupun kebutuhan lainnya, sehingga sangat amat dibutuhkan oleh pemerintah desa Kamojing.

Manfaat dari diseminasi hasil riset mahasiswa dan dosen ini yaitu memberikan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) bagi Desa Kamojing, Aparatur desa Kamojing diharapkan dapat memanfaatkan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (SIPAKDe) sehingga di dalam pengelolaan data serta dapat memberikan efektifitas pengelolaan data di desa Kamojing, seperti membantu monitoring data kependudukan, membantu pengambilan keputusan dengan data yang sudah diolah, dan membantu pengelolaan surat menyurat, ujar Donny. 

Harapannya desa Kamojing ini bisa memberikan motivasi dan inovasi bagi desa/kelurahan lainnya untuk menjadi sebuah desa/kelurahan yang menggunakan digitalisasi ataupun sebagai smart village sebagai bagian dari smart city kabupaten Karawang.

Copyright © 2013 - 2019 STMIK Rosma Follow Us : Facebook Instagram